SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi digital marketing berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di SERP. SEM marak digunakan karena metodenya yang bersifat instan dan hasil dapat langsung dirasakan.
Berdasarkan riset dari Google, iklan SEM dapat membantu meningkatkan brand awareness hingga sebesar 80%. Hal ini tentunya akan membantu website bisnis kamu menjadi lebih terkenal di kalangan pengguna internet.
Jika kamu belum begitu paham mengenai apa itu SEM. Artikel ini akan membantu untuk memahami mengenai SEM, cara kerja, dan cara menerapkannya untuk keberlangsungan bisnis kamu. Mari simak sampai akhir!
Apa itu SEM?
SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi digital marketing yang menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di ranking SERP yang dapat digunakan pada search engine seperti Google. Metode pembayaran paling umum yang digunakan untuk SEM adalah PPC atau pay-per-click.
Berdasarkan data Backlinko, rating click website yang berada di halaman awal adalah sebesar 27.6%. Dikarenakan hasil dari iklan berbayar yang digunakan dapat dirasakan oleh pengiklan secara langsung. Hal ini menjadikan SEM sebagai salah satu metode marketing yang digemari oleh para pebisnis.
Penggunaan SEM yang tepat, dapat membantu meningkatkan visibilitas dan traffic dari website. Hal ini tentunya akan membantu bisnis agar lebih dikenali oleh banyak audiens.
Cara Kerja SEM
SEM merupakan iklan berbayar yang menggunakan keyword sebagai acuannya, maka dari itu kamu harus melakukan research mengenai kata kunci yang paling banyak dicari oleh konsumen mengenai produk yang kamu tawarkan. Berikut urutan cara kerja SEM:
- Penerapan SEM diawali lewat Google Ads, yang di mana menggunakan model pembayaran pay-to-click.
- Iklan website akan muncul di halaman atas pencarian di atas pencarian organik, dengan tanda “Ad”, “Ads”, atau “Sponsored.”
- Setiap kali iklan tersebut diklik oleh audiens, maka pengiklan akan dikenakan biaya berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.
Kebanyakan pengguna internet memiliki kebiasaan untuk mengklik website yang pertama kali mereka lihat untuk menghemat waktu. Maka dari itu, penggunaan SEM tentunya efektif untuk meningkatkan awareness website bisnis kamu.
Manfaat SEM
SEM sendiri memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, beberapa manfaat tersebut di antaranya:
1. Meningkatkan visibilitas website
SEM mampu meningkatkan visibilitas website karena jangkauannya yang luas. Dinyatakan bahwa iklan yang dipasang di search engine dapat menjangkau sebanyak 90% dari pengguna internet.
Hal ini memudahkan pengguna internet untuk mengakses website dan membuat pengguna lebih aware akan keberadaan website tersebut.
2. Meningkatkan konversi website
Jangkauan iklan yang luas dapat membuat konversi website meningkat dengan pesat. Dikarenakan pengguna internet bisa langsung melakukan transaksi lewat iklan yang sudah kamu pasang untuk menghemat waktu mereka.
3. Mudah untuk diukur
Interaksi antara pengguna dengan iklan diukur dan ditunjukkan dalam bentuk data analitik yang di mana mempermudah pemasang iklan dalam mengukur keberhasilan iklannya. Data analitik tersebut biasanya berisi traffic iklan, jumlah klik, jumlah konversi, dan lain sebagainya.
4. Hasil lebih cepat
Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu dan konsistensi, SEM lebih mempermudah pengguna dan memberikan hasil yang instan dalam waktu yang cenderung singkat.
Hal ini tentunya membantu kamu menghemat waktu pemasaran website dan dapat memprioritaskan kepentingan lain seperti peningkatan kualitas produk.
Cara Menerapkan SEM
Setelah mengetahui apa itu SEM, pastinya kamu mulai tertarik untuk menggunakan SEM. Namun, dalam menggunakan SEM terdapat beberapa langkah yang harus kamu jalani terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa langkah cara penerapan SEM yang dapat membantu kamu:
1. Tentukan target audiens
Hal yang paling pertama adalah mengetahui siapa target dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Maka itu, kamu perlu melakukan riset mengenai:
- Produk atau jasa yang paling sering digunakan
- Masalah yang dihadapi konsumen
- Keunggulan produk dalam menghadapi masalah konsumen
- Kisaran umur pengguna
- Demografi pengguna yang sekiranya membutuhkan produk atau jasa
2. Menyusun iklan yang menarik
Iklan yang kamu pasang tentunya harus menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Iklan tidak boleh terlalu ramai atau terlalu polos agar dapat menarik perhatian dan mempermudah konsumen dalam memahami maksud dari iklan tersebut.
Untuk membuat iklan terlihat lebih menarik, kamu dapat menambahkan video atau gambar yang menunjukkan bentuk atau kualitas produk secara detail.
3. Memilih search engine yang populer
Search engine yang digunakan tentunya berperan penting dalam kesuksesan SEM. Semakin populer search engine tersebut di kalangan masyarakat, maka semakin tinggi pula kemungkinan SEM akan sukses.
Salah satu contoh dari search engine yang populer adalah Google. Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Kamu bisa menggunakan Google Ads untuk pembuatan iklan di Google.
Pemilihan search engine yang populer berpotensi membuat iklan lebih dilirik oleh konsumen. Namun bukan berarti kamu tidak boleh memasang iklan di search engine lain seperti Bing atau Yahoo. Kamu bebas memilih sesuai kebutuhan website kamu.
4. Sesuaikan keyword dengan produk
Keyword yang digunakan untuk iklan haruslah sesuai dan relevan dengan produk atau yang ditawarkan oleh bisnis kamu. Sebab, keyword berperan penting dalam membuat iklan terlihat oleh calon konsumen.
Maka dari itu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai keyword yang paling banyak digunakan oleh konsumen mengenai produk atau jasa yang mirip dengan yang kamu tawarkan. Setelah itu, keyword dapat diterapkan pada produk yang ditawarkan.
5. Menentukan anggaran dan waktu pemasangan iklan
Pemasang iklan dapat menentukan seberapa lama iklan akan ditayangkan di SERP dan seberapa besar iklan yang harus dibayar. Anggaran yang digunakan haruslah sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan oleh keberlangsungan iklan bisnis.
Jika anggaran terlalu mahal maka harga yang dibayar akan menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, jika anggaran terlalu murah maka iklan bisa tidak tampil di SERP secara optimal.
Perlu diketahui, bahwa jika pemasang iklan tidak mampu membayar lagi maka iklan tersebut akan langsung hilang dari halaman depan SERP. Maka dari itu, anggaran iklan yang akan digunakan untuk iklan bisnis kamu harus diatur.
6. Memonitor hasil iklan
Kamu harus memonitor iklan yang dipasang untuk mengetahui apakah iklan tersebut efektif dan terjadi peningkatan penjualan setelah dipasangnya iklan tersebut. Jika memasang iklan di Google, kamu dapat menggunakan tools seperti Google Ads, Google Tag Manager, hingga Google Analytics untuk memantau performa iklan.
Jika performa iklan tersebut dirasa kurang, maka kamu dapat melakukan optimasi iklan atau menghentikan pemasangan iklan secara sementara. Jika strategi iklan berhasil, maka kamu dapat menggunakan strategi tersebut pada iklan di platform lainnya.
Sudah Paham Apa itu SEM?
SEM adalah strategi marketing yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan visibilitas dan konversi website. Keunggulan dari penggunaan SEM adalah hemat waktu dan hasil dapat langsung dirasakan.
SEM yang efektif juga dapat membantu dalam menjangkau pengguna internet yang tidak pernah bisa dijangkau sebelumnya. Cara menerapkan SEM sendiri juga tidak sesulit yang kamu bayangkan.
Setelah membaca artikel di atas, semoga kamu sudah memahami apa itu SEM, ya! Demikian artikel SEM ini, semoga bermanfaat!